MENGENAL AGAMA ISLAM
MENGENAL AGAMA ISLAM

PRAKATA

Bahwasannya Islam adalah menyerahkan diri  kepada Allah dengan mentauhidkannya, tunduk kepada-Nya dengan penuh kepatuhan akan segala perintah-Nya serta menyelamatkan diri dari perbuatan syirik dan orang orang yang berbuat syirik. 

Dan agama Islam dibangun atas tiga tingkatan yaitu:

1. Islam

2. Iman, dan

3. Ihsan

Dan masing-masing tingkatan ada rukun-rukunnya.

TINGKATAN ISLAM

Adapun tingkatan Islam, rukunnya ada lima:

1. Syahadat (pengakuan dengan hati dan lisan) bahwa “Laa ilaaha Ilallaah” (Tiada sesembahan yang Haq selain Allah) dan Muhammad adalah Rasulullah.

2. Mendirikan sholat.

3. Mengeluarkan zakat.

4. Puasa pada bulan Ramadhan.

5. Haji ke Baitullah Al-Haram.

Dalil Syahadat

Allah zza wa jalla berfirman yang artinya: “ Allah menyatakan bahwa tiada sesembahan yang Haq selain dia, (demikian pula)  para malaikat dan orang-orang berilmu yang menegakkan keadilan. Tiada Sembahan (yang haq) selain Dia. Yang Maha perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Suah Al-Imraan: 18)

“Laa ilaaha Ilallaah” artinya: Tiada sesembahan yang Haq selain Allah.

Syahadat ini mengandung dua unsur : menolak dan menetapkan. 

“La Iaaha” adalah menolak segala sesembahan selain Allah. 

“Illallaah” adalah menetapkan bahwa penyembahan itu hanya untuk Allah semata-mata, tiada sesuatu apapun yang boleh dijadikan sekutu didalam penyembahan kepada-Nya, sebagaimana tiada sesuatu apapun yang boleh dijadikan sekutu di dalam kekuasaan-Nya.

MUHAMMAD ADALAH RASULULLAH

Adapun dalil syahadat bahwa Muhammad adalah Rasulullah. 

Firman Allah ta’ala yang artinya: “Sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman. (Surah At-Taubah: 128)

Syahadat bahwa Muhammad adalah Rasulullah, berarti: mentaati apa yang diperintahkannya, membenarkan apa yang diberitakannya, menjauhi apa yang dilarang serta dicegahnya, dan menyembah Allah hanya dengan cara yang disyariatkan nya.

2. Dalil Shalat dan Zakat serta tafsiran Tauhid

AllahTa’ala berfirman yang artinya: “ padahal mereka tidaklah diperintahkan kecuali supaya beribadah kepada Al lah, dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya lagi bersikap lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat serta mengeluarkan zakat. Demikian itulah tuntunan agama yang lurus.” (Surah Al-Bayyinah: 5) 

3. Dalil Puasa

Firman Allah Ta’ala yang artinya: “Wahai orang orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Surah Al-Baqarah: 183) 

4. Dalil Haji

Firman Allah Ta’ala yang artinya:”Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (Surah Al-Imran: 97) 

Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Senin, 07 Rabiul Akhir 1442H / 23 November 2020

.Follow dan support akun kami :

🌏 Web | lorongfaradisa.or.id - http://www.syafiqrizabasalamah.net/

🖥 Youtube : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram : Instagram.com/elfadis__

📘 Facebook : facebook.com/lorongfaradisa.

___

Share agar lebih bermanfaat