PENAMAAN ILMU AKIDAH DALAM LITERATUR KEISLAMAN
PENAMAAN ILMU AKIDAH DALAM LITERATUR KEISLAMAN



            Ilmu akidah merupakan salah satu penamaan yang cukup masyhur dari nama-nama yang ada dalam literatur keislaman. Sebenarnya, masih ada beberapa nama yang digunakan oleh para ulama’ dalam karya mereka untuk menamai ilmu akidah, yaitu:

 

Al Fiqh al Akbar

            Penamaan ini dikenal oleh kalangan mutakaddimin, semisal Imam Malik rahimahullahu dan Imam Asy Syafi’i rahimahullahu yang kabarnya juga memiliki kitab dengan judul Al Fiqh al Akbar.

 

Al Iman

            Para ulama’ banyak sekali yang menamai kitab mereka dengan unsur al iman di dalamnya. Semisal Al Iman karya Abu Bakr bin Abi Syaibah, Al Iman karya Abu Ubaid al Qasim, Al Iman karya Ibnu Mandah, dan kitab-kitab lainnya.

 

As Sunnah

            Penyebutan istilah akidah dengan sunnah sudah ramai digunakan oleh para ulama’ dalam banyak karya mereka. Sebagaimana Abdullah bin Ahmad bin Hanbal yang menamai kitabnya dengan As Sunnah, atau Ibnu Abi Ashim yang memiliki karya semisal dengan judul As Sunnah, atau Al Khallal dengan judul As Sunnah juga, atau Al Barbahary dengan karya fenomenal beliau Syarh As Sunnah, atau karya-karya ulama’ lain.

   

Asy Syari’ah

            Asy Syariah yang semula identik sebagai penyebutan istilah hukum-hukum yang berkaitan dengan aspek lahiriah, sebenarnya juga bisa diguinakan untuk menyebutkan hukum-hukum yang berkaitan dengan aspek maknawi. Di antara ulama yang menggunakan istilah ini untuk kitab mereka sebagai isyarat bahwa bahasan di dalamnya berupa ilmu akidah adalah Al Ajurry dengan Asy Syari’ah dan Ibnu Batthah dengan Al Ibanah an Syari’ati al Firqah an Najiyah.

 

Ushul ad Diin

            Nama ini pun bukan sesuatu yang aneh, mengingat bahwa akidah adalah asas dari agama Islam, maka menamakan ilmu akidah dengannya adalah penamaan yang sah-sah saja. Sebagaimana yang dilakukan Ibnu Batthah dalam karya beliau yaitu Asy Syarh wal Ibanah an Ushuul as Sunnah wad Diyanah atau yang lebih dikenal dengan Al Ibanah an Ushul ad Diyanah.

 


| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 20 Syawwal 1441 H