PAGI YANG DIBERKAHI
PAGI YANG DIBERKAHI

    Umat Islam memiliki rutinitas ibadah setiap pagi, yaitu shalat shubuh. Bahkan banyak juga di antara kaum muslimin yang bangun sebelum fajar menyingsing. Jika ada negara yang mengajurkan warganya untuk lebih giat di pagi hari, tentu negara yang memiliki jumlah populasi kaum muslimin terbanyak akan memenangkannya.


Doa Rasulullah Untuk Umatnya

    Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama bersabda,

“Semoga Allah memberkahi umatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Doa yang terbaik ini diperoleh bagi orang yang menghidupkan pagi harinya dengan ibadah-ibadah kepada Allah azza wajalla.


Tidur Setelah Shubuh?

    Hal yang sangat disayangkan adalah sebagian orang justru menjadikan waktu pagi yang diberkahi sebagai waktu untuk mereka terbenam dalam mimpi. Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullahu mengatakan,

“Akan tetapi, sangat disayangkan sebagian besar kita justru tidur di pagi hari dan tidak bangun sampai waktu Dhuha. Sungguh, orang-orang seperti ini telah melewatkan waktu berkah mereka di pagi hari”


Manfaatkan Waktu

    Jika beberapa hal tidak dianjurkan untuk dikerjakan di pagi hari, lantas orang-orang Islam harus mengisinya denga napa? Tentu saja sangat banyak sekali, seperti sempatkan untuk dzikir pagi, membaca Al Qur’an, membantu kedua orang tua, mengulang pelajaran, dan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang lain.


Dipublikasikan Tim Ilmiah Elfadis

Selasa, 18 Safar 1442 hijriyah - 6 Oktober 2020