Nasihat Untukmu Yang Tengah Sakit
Nasihat Untukmu Yang Tengah Sakit

Pertanyaan

Bismillah ustadz.. anak sy punya kelainan jantung  bwaan.. yang saat usia 3tahun kami sdh lakukan pemeriksaan medis yg dokter bilang TUHAN SUDAH MMBERINYA SEPERTI ITU.. manusia tdk bs membiarkannya..  (tdk bs d operasi)
 
qodarullah 1 tahun kmrn sakit..dan ternyata ada abses d kepala..dan anak kami melakukan oprasi kepala .. sebulan kemudian anak kami bengkak seluruh tubuhnya ustadz. bnyk yg bilang berobat dsni bagus..kami dtg.. terapi dsni bagus.. kami datang. Dan maret kami  terapi tenyata dksh kertas yg dsruh rebus air.... kami bertanya apakah itu suatu bentuk kesyirikan ustadz. Kami takut usaha kami d rasuki setan..kami memang ingin berusaha untuk ksmbuhan anak kami biar tdk bengkak lagi..krn d rumah sakit pun d bntu obat2 gtu.. sama sperti kami mrwatnya drmh
 
mhon pencerahan nya ustadz
 
barokallahu fiik
 

Jawaban

Walaikumussalam warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah, shalawat dan salam bagi Rasulullah, keluarga dan shahabatnya. Amma ba’du

          Saudaraku, semoga Allah taala menghadirkan kesembuhan bagi sang buah hati dan menghadiahkan kesabaran di hati kedua orang tuanya. Ketahuilah, seorang anak akan diuji dengan ujian yang sesuai kapasitasnya sebagai seorang anak. Artinya Allah taala memberikan setiap dari kita ujian sesuai kadar kemampuan. Namun yang menjadi pertanyaan berikutnya, apakah kita bersabar atas ujian itu?

Saudaraku, bersabar atas musibah yang menimpa kita, keluarga atau harta benda kita adalah ibadah yang pahalanya tidak terbatas. Allah taala berfirman,

  إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٍ

Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS Az Zumar: 10)

Saudaraku, mari kita lihat masalah ini dari sudut pandang bahwa dunia ini hanya proses ujian dan akhiratlah tempat dan balasan yang sesungguhnya. Terkadang Allah taala mengambil kenikmatan dari seorang hamba, untuk menjadi simpanan yang bisa didapatkan kembali di akhirat. Contoh di dalam hadis berikut bisa menjelaskan kepada kita akan hal itu. Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ قَالَ : إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِي بِحَبِيبَتَيْهِ فَصَبَرَ، عَوَّضْتُهُ مِنْهُمَا الْجَنَّةَ

“Sesungguhnya Allah berfirman, jika aku menguji hamba-Ku dengan (buta) dua mata yang ia cintai, ia pun bersabar; maka aku akan mengganti keduanya di Syurga. (HR Bukhari 5653)

Saudaraku, adapun kertas yang direbus, maka itu tergantung isi kertas dan keyakinan kita akan hal itu,

1.        Jika kertasnya berisi tulisan yang ada permintaan tolong kepada selain Allah, misalnya mantra-mantra yang isinya permintaan tolong kepada jin, maka itu jatuh kepada syirik besar.

2.        Jika isinya kata-kata yang baik dan harapan kesembuhan dan meyakini Allah taala yang menyembuhkan, maka itu jatuh kepada syirik kecil. Karena menjadikan sesuatu sebab kesembuhan yang tidak sesuai syariat atau medis.

3.        Jika isi tulisannya adalah ayat AlQuran, ada ulama yang berpendapat diperbolehkan karena wasilah (sebabnya) adalah firman Allah taala. Dan sebagian para ulama mengharamkannya, karena bisa jadi sebab untuk jatuh kepada hal-hal yang tidak dibolehkan secara syar’i. Oleh karena itu sebaiknya kita menghindarinya.

 

Saudaraku, jika ingin melakukan pengobatan dengan air, maka gunakanlah air yang diruqyah atau yang dibacakan AlQuran padanya. Semoga Allah taala meringankan beban sakit si buah hati, dan meneguhkan hati kedua orang tuanya diatas kesabaran.

Inilah ibadah saudaraku kepada Allah taala saat ini. Semoga Allah taala menerima semuanya. Aamiin