Nama Lain Dari Ahlussunnah Wal Jama’ah
Nama Lain Dari Ahlussunnah Wal Jama’ah


Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan siapa saja yang mengikuti mereka dalam kebaikan sampai hari kiamat kelak. Penamaan ini hanya cocok disematkan kepada golongan yang memurnikan akidah, berakhlak, dan berperilaku sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallama. Serta jauh dari amalan-amalan bid’ah serta khurafat.

Ahlussunnah wal Jamaah juga dikenal dengan nama lain didalam istilah para ulama, diantaranya :

1. Ahlul Hadis/Ashabul Hadis

Dinamakan demikian karena dalam perkara agama, baik dalam Akidah maupun Hukum, mereka berpegang teguh pada hadis-hadis Nabi shallallahu 'alaihi wasallama. Dan Ahlul Hadis adalah mereka yang dapat memilah antara hadis shahih yang berasal dari Nabi shallallahu alaihi wasallam dengan hadis dhai’f.

Secara makna Sunnah dan Hadis juga memiliki arti yang berdekatan. Maka ahlul hadis adalah mereka yang berusaha mencari kebenaran dan memilah segala sesuatu yang dinisbatkan kepada nabi. Maka sudah seharusnya mereka mengikuti apa yang mereka dapati dari hadis-hadis nabi shallallahu alaihi wasallam.

 

2. Al-Firqah Al-Mansurah (Golongan Yang Tertolong)

Dinamakan demikian sebagaimana yang nabi shallahu alaihi wasallam sebut mereka dalam hadisnya :

لن تزال طائفة من أمة منصورين، لايضرهم من خذلهم حتى قيام الساعة. (رواه البخاري ومسلم وغيرهما)

Artinya : Akan senantiasa ada dari umatku yang menolong(manshuriin)… (ana gabisa kasi arti lanjutannya mas) (HR. Bukhari, Muslim dan lainnya)

Mereka adalah kelompok yang Allah pilih dan Allah kuatkan imannya dari orang-orang yang menyelisihi dan memusuhi mereka. Dan Allah janjikan pertolongan dan kemenangan kelak atas mereka.

3. Al-Firqah An-Najiah (Golongan Yang Selamat)

Dinamakan demikian berdasarkan informasi yang didapat dari hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa kelak umatnya akan terpecah menjadi 73 golongan namun hanya akan ada satu yang selamat. Sebagaimana sabdanya Al-Musthafa shallallahu alaihi wasallam :

ستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة .

Artinya : Umatku akan terpecag menjadi 73 golongan. Seluruhnya di dalam Api neraka kecuali 1 golongan(annajiyah;yang selamat). (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Dalam riwayat tirmidzi sahabat bertanya : “Siapa mereka(yang selamat) ya Rasulullah?”

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab : “Apa yang aku berada diatasnya dan sahabatku amalkan”.

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 17 Syawwal 1441 H