MENCARI BERKAH DENGAN POHON DAN BEBATUAN
MENCARI BERKAH DENGAN POHON DAN BEBATUAN

    Kemajuan zaman seringkali tak seiring dengan pola pikir manusia di dalamnya. Banyak yang mendakwa dirinya pintar dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan, namun seringkali berbuat yang tidak masuk akal.


Pengertian Berkah dan Tabarruk

    Dalam bahasa Arab, berkah (بركة) memiliki arti berlimpah dan bertumbuhnya kebaikan. Sehingga sesuatu dikatakan berkah jika kebaikannya melimpah dan terus menerus tumbuh. Sedangkan tabarruk adalah mencari keberkahan dengan tatacara yang disyariatkan.

    Allah azza wajalla berfirman (yang artinya),

Ini adalah kitab (Al Qur’an) yang Kami (Allah) turunkan kepadamu (Wahai Muhammad) yang penuh berkah.” (QS. Shaad : 29).


Teguran Nabi Atas Permintaan Sahabat Untuk Mencari Berkah dari Pohon

    Kisah yang termaktub dalam hadits ini menjadi bukti bahwa mencari berkah ke pepohonan dan bebatuan adalah kebiasaan jahiliyah yang tidak diridhai Allah azza wajalla. Kala itu para sahabat yang baru masuk Islam mengutarakan kepada Nabi agar menggantungkan senjata perang ke pepohonan untuk mencari berkah sebagaimana kebiasaan kuffar. Maka Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama pun menjawab,

“Allahu akbar, Sungguh hal itu adalah kebiasaan jahiliyah, Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian tengah mengatakan sesuatu yang dikatakan oleh Bani Israil kepada Musa alaihissalam, sebagaimana dalam firman-Nya (yang artinya),

Dan Kami seberangkan Bani Israil ke seberang lautan itu, maka setelah mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala mereka, Bani lsrail berkata: "Hai Musa. buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala)". Musa menjawab: "Sesungguh-nya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Tuhan)"” (QS. Al A’raaf : 138).” (HR. At Tirmidzi 2180).


Simpulan Tabarruk

    Dari pernyataan-pernyataan di atas dapat diketahui bersama bahwa tabarruk kepada selain yang Allah dan Rasul-Nya tetapkan adalah bentuk kesyirikan kepada Allah. 


Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Senin, 26 Jumada Ats Tsaniyah 1442 H / 8 Februari 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://www.syafiqrizabasalamah.net/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat