KITAB-KITAB AKIDAH YANG SEHARUSNYA ADA DI RUMAH SEORANG MUSLIM
KITAB-KITAB AKIDAH YANG SEHARUSNYA ADA DI RUMAH SEORANG MUSLIM


Para ulama masa lampau dan masa kini telah merumuskan perihal akidah Islam ke dalam kitab-kitab mereka. Hal ini ditujukan agar umat Islam dapat dengan mudah memahami tentang akidah yang benar dan akidah yang salah. Dan di antara kitab-kitab tersebut, ada beberapa kitab yang sangat dianjurkan untuk dihafalkan oleh para penuntut ilmu :

 

Nawaaqidh al Islam

            Kitab ini berisi 10 poin pembatal keislaman yang disarikan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullahu. Meski dikemas ringkas, kitab ini terhitung sangat padat, karena penulis menampilkan dalil dari Al Qur’an dalam setiap permasalahan. Sajian yang ringan untuk bahasan seputar keyakinan, perkataan, dan perbuatan yang bisa menyebabkan seorang keluar dari Islam menjadikannya sebagai kitab yang seharusnya dihafal oleh setiap muslim.

 

Qawaid al Arba’

            Sebagaimana Namanya, kitab yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullahu  ini berisi empat kaidah mendasar bagaimana seseorang memahami hakikat kesyirikan. Mengetahui tauhid saja tidak cukup, jika tidak diiringi pengetahuan tentang kesyirikan. 

 

Al Ushul ats Tsalatsah

            Ada tiga pertanyaan yang akan dilontarkan kepada setiap penghuni kubur, yaitu tentang siapa Rabbnya, siapa Nabinya, dan apa agamanya. Kurang lebih, itulah kandungan dari kitab kecil yang juga ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab ini. Mempelajarinya menjadi sangat penting sebagai bekal seorang muslim untuk memahami tiga konsekuensi pertanyaan alam kubur.

   

Al Aqidah al Wasithiyah

            Kitab ini ditulis oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu dalam kurun waktu yang sangat singkat, yaitu di antara waktu Ashar hingga waktu Maghrib. Kitab ini merupakan jawaban atas permintaan seorang hakim dari kota Wasith (Irak Timur). Berisi prinsip akidah Islam seputar nama dan sifat Allah azza wajalla.

 

Al Aqidah ath Thahawiyah

            Kitab ini berisi rangkuman akidah Islam. Berisi kurang lebih 105 poin tentang bagaimana keyakinan yang benar dalam Islam. Kitab yang ditulis oleh Abu Ja’far ath Thahawy rahimahullahu menjadi salah satu kitab yang paling diakui oleh setiap elemen Islam.

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis

Tanggal : 20 Syawwal 1441 H