KEUTAMAAN MAJELIS ILMU
KEUTAMAAN MAJELIS ILMU

KEUTAMAAN MAJELIS ILMU

Bila kita melihat kesibukan manusia berburu dunia, terkadang kita dibuat takjub dengan semangat dan  ambisi mereka, pagi hari keluar dari rumah kemudian pulang disaat petang, apa sebenarnya yang mereka cari? Duit! 


Padahal sejatinya ada sebuah warisan yang indah yang seharusnya umat manusia berlomba-lomba untuk meraihnya, untuk memburunya yaitu warisan dari para nabi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda : 


إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا، إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ. 

Sesungguhnya para nabi tidak mewarisi dinar dan dirham, mereka mewarisi ilmu, maka barangsiapa yang mengumpulkannya(ilmu) warisan para nabi mereka itulah orang yang mendapatkan keberuntungan yang banyak. (Sunan At-Tirmidzi :2682)


Di benak kita, orang yang beruntung adalah orang yang memiliki kekayaan yang berlebih, yang sukses dalam usahanya. Padahal orang yang beruntung adalah orang yang mendapatkan warisan para nabi. Suatu hari Abu Hurairah radhiallahu ta’ala ‘anhu melewati pasar di kota Madinah lalu ia mengatakan keapada orang-orang dipasar yang sedang jual-beli disana : 


“Wahai kalian, betapa lemahnya kalian ini, di masjid sedang ada pembagian warisan Rasulullah dan kalian malah sibuk disini?”

Mendengar hal tersebut, semua yang ada di pasar berbondong-bondong mendatangi masjid nabawi, dan Abu Hurairah radhiallahu ta’ala ‘anhu menunggu mereka di pasar. Beberapa saat kemudian mereka kembali dengan wajah kecewa lalu berkata : 


“Gak ada tuh pembagian harta warisan Rasulullah di Masjid”.

Abu Hurairah radhiallahu ta’ala ‘anhu bertanya : “Lalu apa yang kalian dapati disana?”

“Kami hanya melihat disana ada orang shalat, membaca Al-Quran dan beberapa dari mereka sedang membahas masalah halal dan haram (majelis ilmu)”. Jawab mereka.

Abu Hurairah pun menyergap dengan sigap : “Itulah yang aku maksud dengan warisan para nabi (majelis ilmu)”


Maka dari itu, berusahalah sepekan sekali, sepekan dua kali kalau bisa setiap hari untuk mendapatkan warisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam supaya kita bisa duduk berdampingan dengan Baginda Nabi kita Muhammad  shallallahu ‘alaihi wa sallam.

digubah dari video : 

https://www.youtube.com/watch?v=KsfrkuwqgSw&list=PLEjtrkaxeeMDHzDaJykWcHu7X1r5ZZ4NM&index=11


Jika konten ini bermanfaat, like, share dan tag temanmu 

Baarokallahu fiikum

Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Sabtu, 5 Jumadil Awwal 1443 H / 11 Desember 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://syafiqrizabasalamah.com/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat