Jangan Dekati Teman Seperti Ini
Jangan Dekati Teman Seperti Ini

Jangan Dekati Teman Seperti Ini

    Di dunia ini, hampir tidak mungkin kita bisa berinteraksi dengan semua orang. Selalu ada pilihan antara kita mendekat kepada sebagian orang atau kita menjauh dari sebagian yang lainnya. Seorang muslim dituntut melandasi alasan mendekati atau menjauhi orang lain adalah dengan landasan manfaat dan mudarat terhadap akhiratnya. Di antara karakter yang perlu dihindari adalah:


Sering Berbohong

    Bohong adalah seperti penyakit menular. Sekali seseorang terbiasa berbohong, ia akan mencari bahan lain untuk mendukung kebohongannya. Bisa dibayangkan betapa menyusahkan dan merugikan berteman dengan orang-orang seperti ini?! Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallama bersabda,

وإِيَّاكُمْ والْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ، وإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ

“Jauhkanlah diri kalian dari berbohong. Karena kebohongan akan memancing seseorang kepada keburukan dan keburukan akan menggiring mereka ke neraka.” (HR. Ahmad 3456).


Pamer

    Jenis teman yang seperti ini sering meresahkan. Hidupnya hanya tentang pengakuan orang lain kepada mereka. Bahwa mereka baru saja membeli pakaian bermerk, jam mahal, mobil mewah, dan sebagainya. Pamer akan memancing seseorang ke tidak bersyukur atas nikmat Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallama menasihatkan agar kita lebih banyak melongok kepada mereka yang berada di bawah kita,

انظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم ، فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم

“Seringlah melihat kepada yang berada di bawah kalian dan jangan sering melihat kepada yang di atas kalian. Hal tersebut akan membuatmu tidak melupakan nikmat Allah atas kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Toxic

    Jenis teman lain yang perlu dihindari adalah mereka yang toxic yaitu peribadi yang merugikan orang lain, baik perkataan maupun perbuatannya. Jika bisa diumpamakan, maka perbuatannya seperti api yang siap melahap kayu bakar kering di hadapannya. Mulai dari perkataan kasar, jorok, buruk, perbuatan merugikan, dan sejenisnya, maka hal-hal tersebut tidak pantas untuk tetap berada di sekitar seorang muslim yang baik.


Mengajak Kepada Keburukan

    Yang paling parah dari jenis teman yang harus dihindari adalah mereka yang tidak segan mengajak kita kepada keburukan. Keberadaannya tidak hanya merugikan di dunia, melainkan di akhirat saat pertemanan buruk tidak akan membantu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallama bersabda,


---

Kita tidak bisa menjadikan setiap orang di sekitar kita menjadi baik, tapi kita masih bisa mengupayakan agar diri kita sendiri tidak terseret ke dalam keburukan.



Jadi sobat Elfadis, menurutmu teman seperti apa lagi yang harus kita hindari?! 


Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Jum’at, 20 Rabiul Akhir 1443 H / 26 November 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://syafiqrizabasalamah.com/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat