JALAN ORANG BERIMAN
JALAN ORANG BERIMAN
    Allah azza wajalla menunjuki kita semua bahwa jalan orang beriman adalah jalan yang menyelisihi jalan yang diambil oleh orang Yahudi dan Nasrani. Penutup surat yang agung ini memberikan pemahaman kepada orang-orang beriman, ke mana mereka harus melabuhkan kaki untuk menapaki kebenaran.

Golongan Pembangkang

    Jalan yang lurus adalah jalan yang jauh dari golongan pembangkang atau yang sifatnya menyerupai mereka. Allah azza wajalla menyebutkan ada dua golongan pembangkang, yaitu yang memiliki pengetahuan akan tetapi tidak mengamalkannya dan yang gemar mengamalkan ibadah tanpa ilmu.

    Syekh As Sa’diy rahimahullahu mengatakan,

“Golongan yang dibenci adalah orang-orang yang tahu akan kebenaran tapi tidak mengamalkan, seperti orang Yahudi dan semisal mereka. Adapun golongan yang tersesat adalah orang-orang yang beramal aneka ibadah tapi tidak dilandasi ilmu.” (Tafsir As Sa’diy 39).


Akhiran

    Karena terselipnya doa yang begitu dahsyat kandungannya, disunahkan bagi yang tengah salat berjamaah mengumandangkan amin secara bersama-sama. Selain terkabulnya doa, potensi terampuni dosa juga akan didapatkan bagi mereka yang berbarengan mengaminkan bersama malaikat.

    Tak heran, jika surat ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama sebagai sebaik-baik surat dalam Al Quran.

   

Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Selasa, 20 Dzulkaidah 1442 H / 29 Juni 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://www.syafiqrizabasalamah.net/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat