HUKUM BAYI TABUNG DALAM ISLAM
HUKUM BAYI TABUNG DALAM ISLAM

HUKUM BAYI TABUNG DALAM ISLAM 

Bayi Tabung 

Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) adalah kehamilan yang terjadi dan diawali dengan sel telur dibuahi oleh sperma di luar tubuhPembuahan tersebut pun dilakukan di dalam sebuah tabungProsedur ini dilakukan setelah beberapa cara seperti konsumsi obat-obatantindakan bedah atau inseminasi buatan tidak mampu mengatasi masalah ketidaksuburan”  

(Sumber : https://www.halodoc.com/kesehatan/bayi-tabung diakses pada tanggal 02 Juli 2020 pukul 14:37). 

 

Hukum Bayi Tabung 

Melihat definisi tersebutmaka hukum bayi tabung bisa beragamyaitu: 

Pertama: Jika pembuahan terjadi antara sperma dan sel telur adalah milik sepasang suami istri yang dikondisikan sedemikian rupaKemudian dikembalikan ke rahim istri tersebutmaka bentuk yang seperti ini diperbolehkan oleh mayoritas ulama’. Sebagaimana termaktub dalam Al Majma’ al Fiqh al Islamiy: 

إن الأسلوب الثالث ـ الذي تؤخذ فيه البذرتان الذكرية والأنثوية من رجل وامرأة زوجين أحدهما للآخر، ويتم تلقيحها خارجياً في أنبوب اختبار، ثم تزرع اللقيحة في رحم الزوجة نفسها صاحبة البويضة، هو أسلوب مقبول مبدئياً في ذاته بالنظر الشرعي، لكنه غير سليم تماماً من موجبات الشك فيما يستلزمه، ويحيط به من ملابسات. فينبغي ألا يلجأ إليه إلا في حالات الضرورة القصوى، وبعد أن تتوفر الشرائط العامة الآنفة الذكر. 

Metode ketiga yaitu mengambil sel sperma dan sel telur dari pasangan suami istri kemudian dibuahkan di luar rahim istri. Lalu dikembalikan ke rahim istriBentuk yang demikiansepertinya masih belum ada masalahNamun bukan berarti sepenuhnya terbebas dari hal-hal yang menjadi konsekuensinyaHendaknya tidak dilakukan kecuali dalam kondisi yang mendesak dan memenuhi kondisi yang akan disebutkan”. 

Kemudian disebutkan beberapa syarat diperbolehkan: 

  1. Terbukanya aurat wanita di hadapan yang tidak dihalalkan atasnyahanya diperbolehkan saat kondisi tertentu saja. 

  1. Kebutuhan seorang wanita untuk menyembuhkan diri dari penyakit yang menimpanya bisa menjadi alasan diperbolehkan menyingkap auratnya. 

  1. Sebisa mungkin yang menangani adalah dokter Muslimah, lalu wanita non muslimlalu muslim yang terpercayalalu pilihan terakhir adalah kafir. 

  1. Tidak diperbolehkan berkhalwat. 

  1. Bisa memastikan bahwa sel sperma tidak tertukar. 

Kedua: Jika sel telur dan sperma yang sudah siap tadi dibuahi di dalam rahim wanita lain yang bukan istrinyaMaka ini diharamkan. 

Ketiga: Jika sel telur dibuahi oleh sperma yang bukan suaminyamaka ini diharamkan. 

Demikian kurang lebih gambaran umum tentang hukum bayi tabungKarena urusan ini adalah urusan yang sangat pentingseorang muslim dan muslimah tidak meremehkan ketika mengambil keputusan besar ini. 

Nasihat kami kepada diri kami dan segenap kaum muslimin, agar pertama kali menyerahkan diri kepada Allah dengan selalu memohon ampunan kepada-Nya dan memohon kepadanya keturunan yang shalih dan shalihahSebagaimana dalam firman Allah, 

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا 

Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Al Furqan : 74). 

  

Disusun dan dipublikasikan oleh : 

Tim ilmiah elfadis, 12 Dzulqo’dah 1441 H