Buku-Buku Untuk Pemuda Hijrah
Buku-Buku Untuk Pemuda Hijrah

    Adakah di antara Sobat Elfadis yang baru memulai perjalanannya memahami agama? Kita saling mendoakan semoga Allah memberikan keistikamahan di dalam diri kita hingga akhir. Perubahan adalah hal yang hendaknya menjadi cita-cita setiap muslim. Ia berangan dan berusaha untuk melakukan perubahan lebih baik dalam hidupnya.

    Salah satu mempertahankan kebaikan adalah dengan banyak membaca buku-buku Islam. Pertanyaannya adalah sudahkah Sobat Elfadis memiliki buku-buku yang penting untuk dipelajari oleh kita yang baru memulai perjalanan hijrah? Simak penjelasan berikut ya....


Al Quran dan Tafsirnya

    Kitabullah adalah yang pertama harus dipikirkan oleh para penuntut ilmu untuk pelajari sebelum hal lainnya. Para ulama sering menasihatkan kepada para pelajar agar terlebih dahulu mempelajari Al Quran dan kandungan-kandungannya sebelum disibukkan dengan ilmu yang lain. Bahkan pemahaman seseorang terhadap sebuah ilmu tergantung dari seberapa banyak kajian yang ia lakukan terhadap Al Quran.

    Di antara kitab-kitab tafsir yang bisa dijadikan rujukan untuk para pemula adalah 

  1. Tafsir al Muyassar dan Mukhtashar fit Tafsir yang keduanya ditulis oleh beberapa ulama terkemuka di bidangnya;

  2. Aisar at Tafaasir mungkin bisa jadi pilihan ketika seseorang sudah melalui tahapan pertama. Mengingat tafsir ini memuat penjelasan menyeluruh dan sebab-sebab turun ayat Al Quran. Dan keduanya merupakan pengetahuan dasar yang hendaknya dimiliki oleh para pembelajar Al Quran.

  3. Tafsir Ibnu Katsir dan Ringkasannya adalah kitab yang hendaknya dipelajari setelah seseorang melalui dua tahap sebelumnya. Terlebih kitab ini berisi banyak ulasan hukum dan banyak riwayat, jika seseorang tidak terbiasa dengannya akan mudah bosan di tengah pembelajaran.


Hadis dan Penjelasannya

    Setelah Al Quran, maka hadis adalah ilmu yang mutlak dipelajari oleh Sobat Elfadis. Karena sebagai sumber hukum utama, Al Quran dan hadis tidak bisa dan tidak boleh dipisahkan. Di antara kitab-kitab yang hendaknya tersedia di rak-rak sobat hijrah adalah:

  1. Arbain Nawawi yang berisi kumpulan hadis-hadis nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama seputar masalah-masalah pokok agama. Tidaklah seseorang meninggalkan buku ini kecuali termasuk ke dalam golongan orang yang merugi.

  2. Riyadhus Shalihin yang juga ditulis oleh Imam an Nawawi rahimahullahu adalah buku yang berisi hadis-hadis nabi shallallahu ‘alaihi wasallama tentang bagaimana seharusnya orang bertakwa menjaga tutur kata dan perilakuya.

  3. Bulughul Maraam karya Ibnu Hajar rahimahullahu menjadi buku yang juga wajib dimiliki oleh para penuntut ilmu. Mengingat di dalam buku ini sobat Elfadis akan menjumpai hadis-hadis yang digunakan para ulama fikih dalam mendasarkan pendapat mereka perihal fikih.


Fikih

    Hal yang harus diperbaiki oleh para penuntut ilmu di awal perjalanannya adalah tentang bagaimana ia seharusnya beribadah. Maka mengumpulkan buku-buku fikih untuk dipelajari adalah keniscayaan. Para ulama sudah merumuskan ilmu ini dengan sangat rapi, sobat Elfadis bisa menjumpainya di buku-buku berikut ini:

  1. Al Fiqh al Muyassar yang dirumuskan oleh para ulama yang ahli di bidang ini merupakan kitab yang juga seharusnya dimiliki oleh para pelajar. Dengan bahasan ringan dan sistematis, in syaa Allah teman-teman akan mudah memahami banyak sekali soalan fikih.

  2. Shahih Fiqh as Sunnah yang ditulis oleh Syekh Abu Malik Kamal adalah kitab yang cukup lengkap untuk dibaca oleh para penuntut ilmu bahkan pemula sekalipun.



Hati

    Dengan banyak kitab yang ada, jangan sampai dilupakan kitab-kitab yang membahas tentang bagaimana memperbaiki hati dan perilaku. Karena inilah yang akan menjadi pembeda seorang benar-benar telah berubah atau tidak. Di antara kitab-kitab yang hendaknya dimiliki adalah: Ensiklopedia Akhlak Muslim yang ditulis oleh ustaz Abu Ihsan al Atsari hafidzahullahu adalah buku yang sangat bermanfaat untuk dibaca oleh para penuntut ilmu.



Demikian adalah beberapa kitab dengan ragam ilmu yang hendaknya seorang penuntut ilmu atau sobat Hijrah simpan di rak buku. Adakah kitab-kitab favorit sobat Elfadis yang menjadi sebab hijrah? Yuk saling berbagi

Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Sabtu, 13 Jumadil Awwal 1443 H / 18 Desember 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://syafiqrizabasalamah.com/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat