BENARKAN METODE BELAJAR DENGAN SISTEM LIQA’
BENARKAN METODE BELAJAR DENGAN SISTEM LIQA’

Pertanyaan

Apa saja solusi yang bisa dilakukan di Rohani Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang biasanya mentoring dengan Murabinya itu kakak kelas (konsep ini salah)?.

(Muhammad Ihsan)


Jawaban

    Segala pujian hanya milik Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama. Amma ba’du

    Meski pembahasan ini memerlukan ulasan yang sangat panjang, namun perlu dipahami bahwa komentar para ulama terkait metode belajar ini adalah pada praktik yang berlaku di lapangan. Yaitu fenomena di beberapa tempat yang mana seorang murabbi atau mentor tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk berbicara agama.

    Allah azza wajalla melarang hamba yang beriman untuk berbicara tentang Allah tanpa adanya ilmu, sebagaimana dalam firman-Nya (yang artinya),

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al Isra’ : 36).

    Dengan demikian, segala bentuk metode baik liqa’ maupun selainnya jika melanggar batasan ini yaitu tidak diperkenankan seorang bicara tanpa ilmu juga bentuk yang dilarang.. 

    Wallahu a’lam


   

Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Kamis, 05 Rabiul Awwal 1442H / 22 Oktober 2020


.Follow dan support akun kami :

 

🌏 Web | lorongfaradisa.or.id

🖥 Youtube : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram : @lorongfaradisa.

📱 Instagram : Instagram.com/elfadis__

📘 Facebook : facebook.com/lorongfaradisa.

___

Share agar lebih bermanfaat