Aplikasi-Aplikasi Bermanfaat Untuk Kaum Muslimin
Aplikasi-Aplikasi Bermanfaat Untuk Kaum Muslimin

Aplikasi-Aplikasi Bermanfaat Untuk Kaum Muslimin

    Perkembangan teknologi tidak terbendung di zaman ini. Tak dipungkiri bahwa terkadang keberadaannya menjadi boomerang bagi seorang muslim untuk melakukan keburukan. Laksana pisau bermata dua, teknologi harus benar-benar dikendalikan, minimal dari gawai yang berada di masing-masing genggaman kita. Apa saja aplikasi yang bermanfaat untuk seorang muslim?


Aplikasi Untuk Membaca Al Quran

    Al Quran adalah petunjuk bagi seorang muslim. Maka tidak layak bagi seorang muslim melewati hari-harinya tanpa membaca kitabullah. Terlebih di era teknologi seperti sekarang, banyak pihak berusaha membuat aplikasi untuk memudahkan membaca Al Quran. Di antara yang terbaik dari aplikasi adalah “Ayat – Al Quran KSU” besutan KSU Saudi Arabia. Aplikasi ini selain dilengkapi dengan kalamullah, juga terdapat fitur terjemah Bahasa Indonesia, tafsir yang berasal dari banyak ulama, dan murattal. Jadi Sobat Elfadis tidak lagi memanfaatkan waktu kecuali senantiasa tersibukkan untuk mempelajari kitabullah.


Aplikasi Untuk Membaca Hadis

    Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama adalah utusan yang ditugaskan membawa risalah Islam. Terpisah sejauh 1400an tahun dari kita, tidak lantas menjadikan kita sebagai umatnya untuk berinteraksi dengan beliau shallallahu ‘alaihi wasallama. Dengan apa? Tidak lain tidak bukan dengan membaca hadis-hadis beliau shallallahu ‘alaihi wasallama. Berangkat dari alasan pihak Lidwa mengumpulkan hadis-hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama dari 9 kitab rujukan utama ke dalam satu aplikasi beserta terjemahnya dengan beragam fitur yang memudahkan seorang muslim berselancar di dalamnya. Aplikasi tersebut diberi nama “Ensiklopedi Hadits 9 Imam”.





Aplikasi Untuk Belajar Islam

    Bekal penting seorang muslim adalah ilmu. Jalan untuk mencapainya tidak lain tidak bukan adalah dengan belajar. Terlebih di era teknologi seperti sekarang, maka gawai bisa menjadi perangkat yang paling bermanfaat untuk belajar Islam. Tidak sedikit yang berusaha membuat aplikasi belajar Islam, seperti apa yang dihadirkan oleh Yayasan Lorong Faradisa tercinta yaitu “SRB Official”. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang memudahkan para pembelajar, seperti kajian-kajian Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A., artikel-artikel Islam, amalan-amalan harian, pengingat waktu salat, dan lain-lain.


--- 


Semua aplikasi yang kami sebutkan, tentu saja tidak mencakup seluruh aplikasi yang ada. Mungkin ada di antara Sobat Elfadis yang punya tambahan informasi? Kami tunggu saran dan komentarnya ^^

Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Senin, 10 Rabiul Akhir 1443 H / 15 November 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://syafiqrizabasalamah.com/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat