Apakah Penduduk Surga Akan Menangis Bahagia
Apakah Penduduk Surga Akan Menangis Bahagia

Pertanyaan

Bismillah. Afwan, apakah ahli surga dapat meneteskan air mata bahagia Ustadz ??
Syukron. jazakumullahu khairan katsiron
 

Jawaban

Walaikumussalam warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah, shalawat dan salam bagi Rasulullah, keluarga dan shahabatnya. Amma ba’du

 

Cerita tentang surga adalah cerita sesuatu yang ghoib (di luar panca indera kita), kita hanya mengetahuinya lewat khabar (berita) dari AlQuran dan Sunnah. Jika tidak disebutkan di dalam Alquran dan Sunnah, kita tidak bisa mengatakan itu ada atau kejadian itu terjadi di Surga.

 

Di antara sifat atau kondisi Ahli (penduduk) surga yang diberitakan kepada kita adalah kehidupan mereka yang penuh kebahagian dan kegembiraan tanpa kesusahan ataupun kesedihan. Penduduk Surga tertawa dengan wajah yang bersinar penuh kebahagian. Allah azza wajalla berfirman,

وُجُوهٌ يَوۡمَئِذٍ مُّسۡفِرَةٌ (38) ضَاحِكَةٌ مُّسۡتَبۡشِرَة (39)

 

Pada hari itu ada wajah-wajah yang berseri-seri, tertawa dan gembira ria.” (QS Abasa 38-39)

Kebahagian tertinggi seorang penduduk Surga adalah ketika bertemu dan melihat wajah Allah taala, pada saat itu wajahnya menjadi indah berseri penuh kebahagian. Allah taala berfirman,

وُجُوهٌ يَوۡمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ (22) إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ (23)

 

Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri, memandang Tuhannya.” (QS Al Qiyamah: 22-23)

Di dunia kita sekarang, ketika seorang merasakan kebahagiaan yang dalam, ia meneteskan air mata kebahagian. Apakah penduduk Surga meneteskan air mata bahagia? Karena masalah Surga urusan yang ghoib dan tidak ada dalil yang menyebutkan itu. Maka kita tidak bisa mengatakan atau memastikan bahwa penduduk surga meneteskan air mata. Akan tetapi ada dalil yang menunjukkan mungkinnya terjadi hal itu kalau dilihat dari asal makna bahasa.

Allah taala berfirman,

فَلَا تَعۡلَمُ نَفۡسٌ مَّآ أُخۡفِىَ لَهُم مِّن قُرَّةِ أَعۡيُنٍ جَزَآءًۢ بِمَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ

 

Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu “Qurrati a’yun”(bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS As Sajdah: 17)

Kata “Qurrati a’yun” atau mufradnya (tunggalnya) “qurratu ain” mengandung makna air mata bahagia. Imam Abu Hayyan berkata,

“Qurratu ain berasal dari kata  القرورal qarur yang berarti air yang dingin, dan air mata bahagia sifatnya dingin.”  (Tuhfatul Arib bima fil Quran minal ghorib hlm. 257).

Mungkin bisa dikatakan berdasarkan literatur yang saya dapatkan, bahwa kita tidak mengatakan dan memastikan bahwa penduduk surga mengeluarkan air mata bahagia. Hanya ada dalil yang mengarah ke sana, tapi tidak terlalu kuat untuk dijadikan dasar untuk menetapkan suatu berita ghaib tentang surga.

Wallahu a’lam