APABILA ANDA DITANYA
APABILA ANDA DITANYA
PRAKATA

    Dalam kitab Al Ushul Ats Tsaalatsa, penulis menyebutkan 2 pertanyaan penting dan mendasar bagi orang-orang yang beriman kepada Allah untuk dijadikan pegangan, yang kalaulah dari 2 pertanyaan ini terus dikaji mampu membuat hamba makin kenal dengan Rabb-nya. 2 pertanyaan itu adalah : 

SIAPAKAH TUHANMU? 

Apabila anda ditanya : “Siapakah Tuhanmu?” 

Maka katakanlah : “Tuhanku adalah Allah, yang telah memelihara diriku dan memelihara semesta alam ini dengan segala nikmat yang dikaruniakan_nya. Dan Dialah sesembahanku, tiada bagiku sesembahan yang haq selain Dia. 

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman : 

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ - ٢

{Segala puji bagi Allah, TuhanPemelihara  seluruh alam,} [1:2]

Semua yang ada selain Allah disebut “Alam”, dan aku adalah salah satu dari semesta alam ini.”

MELALUI APA ANDA MENGENAL TUHAN? 

    Jika anda ditanya “melalui apa anda mengenal Tuhan?”

Maka hendaklah anda menjawab : “Melalui tanda-tanda kekuasaan-Nya dan melalui ciptaan-Nya. Diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah : malam, siang, matahari dan bulan. Sedang diantara ciptaan-Nya ialah : tujuh langit dan tujuh bumi beserta segala makhluk yang ada di langit dan di bumi serta yang ada di keduanya” 

Firman Allah Ta’ala (yang artinya) :

“Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, mata-hari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” [Surah Fushshilat : 37]

Dan Firmannya yang artinya : 

“Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam. [Surah Al-A’raf : 54] 


Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Senin, 07 Rabiul Akhir 1442H / 23 November 2020

.Follow dan support akun kami :

🌏 Web | lorongfaradisa.or.id - http://www.syafiqrizabasalamah.net/

🖥 Youtube : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram : Instagram.com/elfadis__

📘 Facebook : facebook.com/lorongfaradisa.

___

Share agar lebih bermanfaat