ADAB KEPADA ORANG TUA
ADAB KEPADA ORANG TUA

ADAB KEPADA ORANG TUA


PRAKATA

    Sobat, kita masih berbicara tentang adab. Karena sedikit dari kita yang memiliki adab seorang Muslim sejati, khususnya adab kepada kedua orang tua kita. Semakin kita tumbuh dewasa seharusnya kita semakin merendah dihadapan mereka, menampakkan kelembutan kita, kasih sayang kita pada mereka. Bukan karena kita sudah mampu mengirimi mereka uang dari gaji kita, kemudian kita menjadi sombong, merasa hebat dan akhirnya merendahkan mereka, na’udzubillahi min dzalik. 

Berikut ada-adab kepada orang tua.

  1. MENTAATI KEDUANYA DAN TIDAK BERMAKSIAT KEPADANYA

Wajib bagi seluruh Muslimin untuk mentaati mereka, dan mengutamakan ketaatan pada perintah mereka dibanding pada orang lain (bos, teman, saudara, dll), selama bukan perintah untuk bermaksiat pada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Kecuali untuk Istri, bagi Istri wajib mengutamakan taat pada suami sebelum pada orang tuanya.

  1. BERBUAT BAIK PADA KEDUANYA

Berbuat baik pada mereka baik dalam perkataan, perbuatan, dan segala bentuk kebaikan.

  1. TURUNKAN SAYAPMU

Artinya, kita harus bersikap merendah di hadapan mereka, dengan bersikap tawadhu’ dan tidak merasa lebih hebat.

  1. MENJAUHI DARI MEMBENTAK MEREKA

Yaitu dengan senantiasa bertutur kata lembut dan enak didengar, dan berusaha untuk tidak mengangkat suara tinggi ketika berbicara pada mereka.

  1. MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Yakni dengan cara melihat mereka ketika berbicara, tidak memotong ketika mereka berbicara, juga menjauhi mendebat mereka, dan benar-benar harus dijauhi membohongi mereka.

  1. GEMBIRA KETIKA DIPERINTAH OLEH MEREKA

Artinya tidak gampang merengut, tidak malas dan menunda-nunda, apalagi sampai berkata ucapan yang mengesankan bahwa kita jengkel ketika diperintah oleh mereka. Seperti berkata “ahh”, “haduh”, “halah”, “ck” dan bentuk ucapan lainnya.

  1. BERWAJAH MANIS

Jangan mudah berwajah masam, merengut, sedih ataupun wajah marah di hadapan mereka. Berwajahlah pada mereka dengan manis, dengan senyuman, dan pandanglah mereka dengan pandangan penuh cinta.

  1. TUNJUKKAN KASIH SAYANGMU

Ya, tunjukkan kasih saying dan cintamu pada mereka, dengan mengucapkan salam terlebih dahulu, mencium tangan dan kepala mereka, memberikan tempat duduk, tidak mengambil makanan sebelum mereka.

  1. SOPAN JIKA DUDUK BERSAMA MEREKA

Yakni dengan tidak duduk di posisi tempat yang lebih tinggi dari mereka, 

  1. MENDAHULUKAN HAK IBU

Sebagaimana dalam hadist shohih, yang diriwayatkan dari Abu huroiroh, yang sangat masyhur, bahwasanya Nabi sholallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya tentang siapa yang berhak dengan kebaikan seorang anak, maka Nabi sholallahu ‘alaihi wasallam menjawab “Ibu”, hingga ditanya 3 kali dan jawaban yang sama, lalu pertanyaan yang keempat baru dijawab “ayah”.

  1. MENGINGATKAN PADA ALLAH

Salah satu indahnya nilai Islam adalah nilai saling menasehati, dan orang tua adalah yang paling berhak untuk hal itu, kita berusaha mengajari mereka apa yang tidak mereka tau tentang Agama Islam, tentunya dengan cara yang lembut, halus, santun, dan sabar jika mereka belum menerimanya.


Wallahu a’lam 


Referensi : https://sites.google.com/site/3qoqwalden/


Disusun & Dipublikasikan Oleh Tim Ilmiah Elfadis

Senin, 1 Jumadal Awwal 1443 H / 6 Desember 2021

Follow dan support akun kami :

🌏 Web     : https://lorongfaradisa.or.id/

                   : http://syafiqrizabasalamah.com/

🖥 Youtube     : https://www.youtube.com/LorongFaradisa

🌐 Telegram     : https://t.me/lorongfaradisaofficial

📱 Instagram     : https://www.instagram.com/elfadis__/

📘 Facebook     : https://www.facebook.com/lorongfaradisa

___

Share agar lebih bermanfaat